Timnas Indonesia U-19 1-0 UEA: Lolos Dramatis, Garuda Nusantara Tantang Jepang di Perempat Final

Timnas Indonesia U-19 1-0 UEA: Lolos Dramatis, Garuda Nusantara Tantang Jepang di Perempat Final

​Timnas Indonesia U-19 sukses lolos ke perempat final Asian Cup U-19 2018 sebagai runner-up grup A usai menang 1-0 melawan Uni Emirat Arab (UEA) di Stadion Utama Gelora Bung Karno. Di perempat final, Indonesia akan melawan Jepang. Indonesia menang dramatis kontra UEA karena bermain dengan 10 pemain sejak menit 55 kala Nurhidayat diusir wasit.

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama

Pencetak hattrick ke gawang Qatar, Todd Rivaldo Ferre, masih harus bersabar menanti kesempatan menjadi starter di Timnas Indonesia U-19. Indra Sjafri masih mengandalkan Egy Maulana Vikri, Hanis Saghara Putra, Saddil Ramdani, dan Witan Sulaiman, untuk menggedor pertahanan Uni Emirat Arab (UEA) U-19.

Kemenangan dibutuhkan Indonesia untuk lolos ke perempat final Asian Cup U-19 2018. Garuda Nusantara bermain tenang dan lebih terorganisir ketimbang saat kalah 5-6 dari Qatar di laga kedua grup A. Di menit 11 tuan rumah sudah menciptakan peluang melalui tandukan Hanis yang melambung tinggi di atas mistar gawang UEA. Hanis menanduk bola dari umpan silang Firza Andika.

Berbeda dari Qatar, UEA tidak bermain agresif, ngotot, dan berbahaya dari serangan mereka, karena mereka cenderung bertahan dan mengandalkan serangan balik seraya berharap meraih hasil imbang, yang sudah cukup bagi mereka lolos ke fase berikutnya.

Alhasil, Indonesia mampu menguasai permainan dan sukses mencuri gol di menit 22 dari satu kesalahan fatal yang dilakukan Yousif Ali Almheiri, bek UEA. Witan merebut bola dan melakukan penetrasi yang berakhir dengan gol ke gawang Qatar yang dijaga Suhail Abdulla Almutawa. 1-0 Indonesia unggul.

Dibantu dukungan fanatik fans Indonesia, Nurhidayat dan kawan-kawan terus meningkatkan intensitas serangan dan menjaga momentum pasca gol Witan. Indonesia nyaris menggandakan keunggulan di menit 34. Lagi, Witan jadi momok pertahanan UEA, namun sayangnya, kali ini sepakannya usai bermain satu-dua dengan Egy hanya melebar di atas gawang Qatar.

Praktis UEA tidak memiliki banyak peluang berbahaya yang dapat mengancaman Muhammad Riyandi, kiper Indonesia. Tuan rumah juga mengantisipasi situasi bola mati dengan baik. Sampai paruh pertama berakhir, skor 1-0 bertahan untuk keunggulan Indonesia.

Babak Kedua

Coach Indra memasukkan Todd Rivaldo Ferre di awal babak kedua menggantikan Hanis. Ketika laga sepertinya sudah dikontrol Indonesia dengan baik, Indonesia malah mendapatkan ujian melalui kartu merah yang diterima kapten mereka, Nurhidayat, di menit 52 setelah melakukan pelanggaran dan menerima dua kartu kuning.

Saddil Ramdani pun dikorbankan oleh Indra untuk mengisi lubang yang ditinggalkan Nurhidayat. Saddil digantikan dengan Indra Mustafa di menit 55. Indonesia kini coba merapatkan pertahanan dan mengandalkan serangan balik melalui kecepatan Rivaldo Ferre, Egy, dan Witan.

UEA coba memanfaatkan keunggulan jumlah pemain mereka dengan terus mengontrol bola dan membangun serangan ke pertahanan Indonesia. Kendati demikian, serangan yang mereka bangun terlalu mudah diprediksi dan minim variasi, hingga para pemain Indonesia dapat mementahkannya.

Ali Saleh Amro akan sangat menyesali kegagalannya mencetak gol di menit 73 jika nanti laga berakhir untuk kemenangan Indonesia. Ia gagal memanfaatkan peluang emas dari jarak dekat dengan sepakan voli dan kedudukan pun masih tetap 1-0 untuk keunggulan Indonesia.

Tujuh menit tambahan waktu diberikan ofisial laga di penghujung babak kedua. Indonesia mati-matian mempertahankan keunggulan dan sukses melakukannya. Kemenangan 1-0 cukup membawa Indonesia lolos sebagai runner-up grup A karena di waktu bersamaan, Qatar menang telak 4-0 atas Taiwan.

Susunan Pemain:

Timnas Indonesia U-19 (4-2-3-1): Muhammad Riyandi; Asnawi Mangku Alam, Nurhidayat, Rachmat Irianto, Firza Andika; Syarian Abimanyu, Witan Sulaiman, Muhammad Luthfi; Egy Maulana Vikri (Muhammad Rafi Syaharil 68’), Saddil Ramdani (Indra Mustafa 55’), Hanis Saghara Putra (Todd Rivaldo Ferre 46’)

Timnas Uni Emirat Arab U-19 (4-3-3): Suhail Abdulla Almutawa; Yousif Ali Almheiri, Ahmad Abdulla Suroor, Omar Ahmad Saleh, Abdelrahman Saleh Khamis; Mansor Ibrahim Alharbi (Tahnoon Hamdan Alzaabi 74’), Eid Khamis Alnuaimi, Majsid Rashid Almehrzi; Ali Saleh Amro, Ahmad Fawzi Abdalla, Abdulla Alnaqbi