Terkini Penalti Lewandowski Gagal, Dortmund Tertahan

DORTMUND – Pertandingan lanjutan Bundesliga, yang juga “pemanasan” final Liga Champions, antara Borussia Dortmund dan Bayern Munich berakhir tanpa pemenang. Sempat memimpin lewat gol yang dicetak Kevin Grosskreutz pada menit 11, Die Borussen kemudian kebobolan oleh Mario Gomez dan menciptakan kedudukan selesai menjadi 1-1.

Pada pertandingan yang dihelat di Signal Iduna Park, Sabtu (4/5/) malam WIB tersebut, Bayern, yang tampil tanpa diperkuat sejumlah pilar utama, sempat tertekan. Namun, sehabis mencetak gol balasan, pasukan Jupp Heynckes itu bisa membalas, meskipun jelang sabung berakhir mereka kembali tertekan sehabis Rafinha diusir oleh wasit.

Dengan hasil tersebut, Dortmund tetap berada di peringkat dua klasemen sementara Bundesliga, dengan raihan poin 65 atau terpaut enam angka dari Bayer Leverkusen di peringkat tiga. Sedangkan Bayern, yang sudah memastikan diri menjadi juara demam isu ini, masih mantap di puncak dengan poin 85.

Jalannya pertandingan
Babak I
Tampil di hadapan puluhan ribu pendukungnya, Dortmund tancap gas. Hasilnya, pada menit 11, mereka sudah unggul lewat gol yang diciptakan Kevin Grosskreutz. Diawali pergerakan impresif Julian Schieber di sisi kanan pertahanan Bayern, bola kemudian dikirim ke kotak penalti untuk disambut oleh Grosskreutz dengan tendangan voli. Tuan rumah pun memimpin 1-0.

Die Borussen benar-benar ingin menunjukkan jikalau mereka yakni lawan yang pantas bagi Bayern di final Liga Champions demam isu ini. Pada menit 13, mereka menampilkan permainan fantastis, sebelum Ilkay Gundogan melaksanakan umpan satu-dua dengan Robert Lewandowski. Gundogan pun kemudian terjatuh di dalam kotak terlarang, namun wasit tak melihat adanya pelanggaran.

Pada menit 23, Bayern bisa menyamakan kedudukan lewat striker mereka, Mario Gomez. Setelah mengirim bola pada Rafinha, Gomez masuk ke dalam kotak penalti dan menunggu umpan. Dan, sehabis Rafinha melaksanakan crossing ke dalam kotak penalti Dortmund, Gomez pun menyambutnya dengan tandukan yang menciptakan bola masuk ke gawang. Skor menjadi 1-1.

Memasuki menit 31, Dortmund menerima peluang lewat Lewandowski. Berawal dari kesalahan yang dilakukan Rafinha, Lewandowski kemudian meraih bola dan merangsek ke dalam kotak penalti dan melewati Jerome Boateng dan Daniel Van Buyten. Ia kemudian melepaskan tembakan, namun terlalu gampang bagi Manuel Neuer. Dan, sampai babak pertama berakhir, skor tetap 1-1.

Babak II
Memasuki interval kedua, Bayern eksklusif menekan. Pada menit 56, Die Roten menerima peluang lewat Gomez, yang melaksanakan umpan satu-dua dengan Claudio Pizarro. Namun, ketika hendak melaksanakan tembakan, bek Dortmund, Neven Subotic bisa mengamankannya dengan tackle bersih, sehingga gawang Roman Weidenfeler pun bisa terbebas dari ancaman.

Pada menit 58, peluang emas didapat Dortmund, ketika wasit menunjuk titik putih, sehabis wasit menganggap bola -hasil tendangan Nuri Sahin- mengenai tangan Boateng. Lewandowski pun kemudian maju sebagai eksekutor. Namun, naas bagi Die Borussen alasannya bola tendangan Lewandowski yang mengarah ke kanan terbaca oleh Neuer, sehingga skor pun urung berubah.

Memasuki menit 64, keuntungan didapat Dortmund, alasannya salah seorang pemain Bayern, Rafinha diusir oleh wasit sehabis menerima kartu kuning kedua. Pemain asal Brasil tersebut kedapatan menyikut gelandang Die Borussen, Jakub Blaszcykowski. Dengan keunggulan jumlah pemain, tuan rumah pun kemudian mulai gencar melaksanakan serangan ke tempat pertahanan Bayern.

Tiga menit jelang waktu normal usai, Dortmund menerima peluang anggun lewat Schieber. Mendapat umpan dari Marco Reus, yang masuk menggantikan Sebastian Kehl, Schieber melaksanakan percobaan ke gawang Bayern, namun masih bisa diantisipasi oleh Neuer. Dan, sampai wasit mengakhiri pertandingan, kedudukan tetap sama kuat, 1-1.

BORUSSIA DORTMUND: Weidenfeller, Grosskreutz, Subotic, Santana, Schmelzer, Sahin, Kehl (Reus 71’), Blaszcykowski (Bender 84’), Gundogan (Leitner 14’), Schieber, Lewandowski

BAYERN MUNICH: Neuer, Rafinha, Boateng, van Buyten, Contento, Tymoshchuck, Gustavo, Shaqiri, Pizarro (Muller 76’), Alaba (Hojbjerg 91’), Gomez (Can 67’)