Terkini All-German Di Selesai Liga Champion Dari Pandangan Hitzfeld

MUENCHEN – Sebuah kesamaan yang dimiliki Bayern Muenchen dan Borussia Dortmund yaitu kedua finalis Liga Champions ini pernah dilatih oleh Ottmar Hitzfeld dan memenangkan Liga Champions di bawah kepelatihan laki-laki berpaspor Swiss ini. Dortmund memenangkan Liga Champions tahun 1997, sementara Bayern pada tahun 2001.

Kepada Bild, Hitzfeld bicara mengenai peluang kedua tim dalam final Liga Champions yang akan diadakan di Wembley, London, 25 Mei mendatang, serta mengenai efek transfer Mario Goetze bagi persaingan kedua klub.

Berikut kutipan wawancaranya.

Menurut Anda, siapa yang akan menjadi juara?

“Final ini yaitu mimpi sepak bola Jerman. Selain itu Dortmund dan Bayern yaitu dua mantan klub saya. Menurut saya Bayern sedikit lebih difavoritkan, tetapi mereka sekarang sejajar. Dortmund dapat memenangkan beberapa pertandingan melawan Bayern beberapa bulan terakhir ini. Pemenang di Liga Champions akan ditentukan dalam penampilan pada hari H.”

Di antara kedua klub, apa tekanan yang lebih besar terletak di Bayern?

“Dortmund tak punya pertaruhan apa-apa. Mereka sudah mencapai lebih dari yang mereka bayangkan. Saat Dortmund bertanding melawan Malaga, semua menyangka perjalanan mereka selesai dan ternyata mereka menciptakan keajaiban. Untuk Dortmund, babak final yaitu kelebihan yang sensasional.”

Kalau dengan Bayern?

“Dengan Bayern situasinya berbeda. Mereka menginginkan trofi Liga Champions dan sesudah dua kali kalah di final, mereka akan melaksanakan segalanya untuk juara. Ini juga sudah waktunya bagi generasi Philipp Lahm dan Bastian Schweinsteiger memenangi titel bergengsi. Hanya dengan titel internasional mereka dapat mengukir sejarah besar.”

Berarti Bayern lebih layak menang?

“Tidak begitu juga. Kelayakan untuk menang itu harus diusahakan, dan baik Bayern maupun Dortmund sama layaknya. Dortmund telah mengalahkan banyak lawan tangguh di babak-babak sebelumnya.”

Anda memihak ke tim yang mana?

“Saya netral saja. Bersama Dortmund saya menjalani tujuh tahun yang menakjubkan, sedangkan bersama Bayern tujuh setengah tahun. Melatih kedua klub tersebut merupakan pengalaman menakjubkan.”

Seandainya Dortmund yang menang di final, apakah artinya animo tepat Bayern jadi ternoda?

“Saya rasa tidak. Bayern menjalani animo yang andal dan memecahkan banyak rekor. Keberhasilan tersebut bersifat tetap. Walau begitu niscaya akan ada kekecewaan jikalau mereka gagal di Liga Champions. Hal tersebut sudah dipikirkan di Muenchen.”

Kalau Bayern kalah di final melawan tim menyerupai Real Madrid, MU atau Juventus, apa akan lebih gampang diterima?

“Ya. Karena itu tekanan untuk Bayern lebih besar alasannya yaitu mereka bertanding melawan tim yang ada di posisi kedua klasemen Bundesliga dengan selisih 20 angka. Karena itu mereka lebih difavoritkan untuk menang.”

CEO Dortmund (Hans-Joachim) Watzke sangat kecewa alasannya yaitu perilaku Bayern sehubungan dengan transfer Mario Goetze. Dalam pertandingan Sabtu kemudian juga situasi sempat memanas. Apa artinya Bayern dan Dortmund sudah memulai permusuhan?

“Tidak, saya rasa itu persaingan biasa. Tentu Dortmund kesal alasannya yaitu Bayern membeli pemain terbaik mereka. Tetapi semua klub juga membeli pemain terbaik klub lain. Pada dasarnya, ini semua pasar bebas.”

Saat Anda masih menjabat sebagai administrator olahraga Dortmund, Bayern juga menawar pemain-pemain Anda?

“Ya, mereka ingin membeli Stefan Reuter, Stefan Freund juga Matthias Sammer.”

Apakah Bayern ingin melemahkan Dortmund?

“Bayern hanya ingin membeli pemain yang bagus. Goetze menguatkan Bayern, Lewandowski juga dapat demikian.”

Menurut Anda, transfer Goetze ke Bayern merupakan transfer impian?

“Dia yaitu pemain berbakat kurun ini. Goetze dapat bermain di tim manapun, dan ia istimewa. Lewandowski pun pemain kelas dunia.”

Setelah animo terbaik Bayern tahun ini, apa yang harus dilakukan Pep Guardiola animo depan?

“Pep akan senang. Ia mewarisi sebuah tim kelas dunia yang solid dan dapat ia kembangkan untuk memenangkan banyak gelar. Kita harus terus melihat ke depan. Tahun-tahun berikutnya Bayern dapat melewati Barcelona. Mereka punya potensi mendominasi sepak bola Eropa.”

Apa pemain Bundesliga dapat jadi pemain terbaik dunia?

“Tentu. Franck Ribery dan Robert Lewandowski punya peluang.”