Terkini Alasannya Yaitu Dikala Itu Jikalau Saja

Karena aku nggak bisa terus-terusan jadi orang yang menghalangi kau melangkah ke sana. Karena aku juga tidak punya kemampuan untuk menghapus masa kemudian kamu. Karena aku juga tidak pernah minta tiba sehabis dia.

Ketika aku punya hak lebih, maka jangan pernah bertanya jikalau memang kau sudah mengerti. Ketika aku mendengar pertanyaan itu maka aku semakin yakin bahwa kau memang menginginkannya. Ketika itu aku tau aku hanya orang lain yang tiba sehabis dia.

Kalau saja ada ruang untuk menentukan apa yang akan dijalani hari ini dan esok dan esoknya lagi, aku akan menghapus semua hari yang berkaitan dengan masa lalu. Kalau saja ada hari tanpa masa lalu. Kalau saja aku tiba lebih dulu dari dia.

Karena aku tidak ingin terus berkelana jauh mencoba meninggalkan satu titik yang masih kosong. Karena suatu ketika kau dan aku akan berputar kembali ke sana dan tersandung sebab lubang itu. Karena aku ada di sana dan bukan dia.

Ketika itu aku tidak ingin meninggalkan kau dalam lubang itu. Ketika itu aku ingin kita kembali melangkah bersama dan bukannya meninggalkan satu atau yang lainnya dalam keterpurukan. Ketika itu aku sudah di sana bersama kau semenjak usang bukan dia.

Kalau saja ruang itu masih cukup lega, biarkan saja aku mengisinya hingga sesak. Kalau saja kita sudah berhasil melangkah bersama sejauh ini dan cukup, biarkan saja aku terus beriringan bersama kamu. Kalau saja aku yang akan selalu ada di sana dan bukan dia.  

-NDN