Rating Pemain Real Madrid kala Menjamu Plzen di Santiago Bernabeu – Champions League

Rating Pemain Real Madrid kala Menjamu Plzen di Santiago Bernabeu – Champions League

Matchday Tiga Grup G Champions League 

Real Madrid vs Viktoria Plzen 

Santiago Bernabeu 

Kemenangan akhirnya diraih Real Madrid sejak terakhir meraihnya September silam. Los Blancos menang 2-1 melawan Viktoria Plzen di laga ketiga grup G Champions League yang berlangsung di Santiago Bernabeu. 

Dua gol Madrid dicetak oleh Karim Benzema (11’) dan Marcelo (55’) yang sempat diperkecil oleh Patrik Hrosovsky (78’). Ada lima perubahan pemain dalam susunan pemain Julen Lopetegui pada pertandingan tersebut dibanding skuat yang akhir pekan lalu kalah 1-2 dari Levante. 

Kendati kembali meraih kemenangan, Madrid belum menampilkan performa terbaiknya dan ini bisa tercermin dari rapor pemain, dengan penjabaran berikut ini:  

3. Kiper dan Lini Belakang

 Keylor Navas (7/10): Tidak melakukan banyak penyelamatan karena dominasi permainan Madrid. Beberapa peluang dari Plzen tercipta sporadis melalui serangan balik dan tidak terlalu merepotkan Navas, meski faktanya kebobolan gol Hrosovsky. 

Marcelo (8/10): Tertatih-tatih pasca laga berakhir dan ini jelas mengkhawatirkan fans jelang El Clasico akhir pekan ini. Kendati demikian, Marcelo tampil bagus dan konstan menjadi ancaman pertahanan lawan melalui overlap (naik membantu serangan) yang biasa dilakukannya. Ia mencetak gol beruntun dalam dua laga terakhirnya. 

Nacho Fernandez (6/10): Tidak terlalu banyak mendapatkan ujian dari para pemain Plzen karena dominasi penguasaan bola Los Blancos. Meski begitu, Nacho bermain baik ketika dibutuhkan dan tenang ketika lawan melancarkan serangan balik. 

Sergio Ramos (7/10): Sama seperti Nacho, Ramos juga tidak terlalu banyak diuji melawan tim yang mengandalkan serangan balik. Hanya saja kapten Madrid lengah ketika gol Hrosovosky tercipta. 

Lucas Vazquez (7/10): Dimainkan di luar posisi terbaiknya dan lebih dipercaya tampil dibanding bek kanan asli, Alvaro Odriozola. Vazquez membayarnya dengan assist atas gol Benzema dan penampilan bagus: rajin naik membantu serangan dan disiplin ketika bertahan.   

2. Lini Tengah

Casemiro (6/10): Menjalankan tugasnya dengan baik dalam melapis lini belakang Madrid, meski faktanya tidak terlalu kesulitan melawan Plzen. Casemiro menangkal serangan yang dibangun atau serangan balik Plzen dengan baik, hanya saja tidak banyak membantu tim ketika membangun serangan. 

Toni Kroos (7/10): Satu alasan kuat mengapa Los Galacticos  begitu bagus dengan dominasi penguasaan bola 69 berbanding 31 persen Plzen. Kroos otak permainan Madrid di lini tengah sekaligus penghubung lini belakang dan depan dengan visi bermain melalui operannya yang akurat.

Luka Modric (7/10): Lengkap sudah trio andalan lini tengah Madrid dalam taktik 4-3-3 yang dahulu juga jadi favoritnya Zinedine Zidane. Perlahan tapi pasti, Modric mulai menemukan ritme bermainnya dalam mengatur tempo bermain, pasca melalui keletihan tingkat tinggi usai mengikuti Piala Dunia 2018.  

1. Lini Depan dan Pemain Pengganti

Isco (5/10): Saat Lopetegui menarik keluar Isco dan menggantinya dengan Federico Valverde di awal babak kedua, publik seharusnya memaklumi pergantian tersebut, karena Isco tidak memainkan laga terbaiknya. Ia belum menemukan permainan terbaik pasca pulih dari menjalani operasi usus buntu. 

Karim Benzema (8/10): Diberi aplaus oleh publik Santiago Bernabeu  kala digantikan Mariano Diaz di penghujung babak kedua. Fans tidak salah, Benzema memang jadi Man of the Match dengan gol dan pergerakan tanpa bolanya yang merepotkan pertahanan Plzen. Golnya itu menjadikannya pencetak gol terbanyak keempat dalam sejarah Champions League . 

Gareth Bale (6/10): Tidak terlalu tampil bagus meski memberi assist untuk gol Marcelo. Bale digantikan dengan Marco Asensio di babak kedua. 

Pemain Pengganti 

Federico Valverde (7/10): Oase di tengah gurun dari periode sulit Madrid sebelumnya. Memainkan debut pertamanya dengan Madrid, Valverde menunjukkan penampilan bagus dalam membantu tim di fase bertahan dan juga berkontribusi dalam proses gol Marcelo. Valverde punya masa depan cerah. 

Marco Asensio (6/10): Enerjinya cukup merepotkan lini belakang Plzen pasca masuk menggantikan Bale di babak kedua. Itu saja, tidak ada yang bisa dinilai lebih dari Asensio. 

Mariano Diaz (-): Hanya jadi cameo jelang laga berakhir. Tidak banyak yang dapat dinilai dari eks striker Olympique Lyonnais.  

Rating pemain Real Madrid yang mentas melawan Viktoria Plzen di laga ketiga grup G Champions League.