Prediksi PSM vs Persib: Dipanaskan Pembuktian Sang Mantan | JawaPos.com

Prediksi PSM vs Persib: Dipanaskan Pembuktian Sang Mantan | JawaPos.com

JawaPos.com – Langka terjadi, pertandingan di Liga 1 2018 yang mempertemukan dua tim teratas sekaligus. Namun, di pekan ke-27 ini PSM Makassar di peringkat pertama bakal bertemu Persib Bandung yang berada di posisi ke-2. Pemenang di laga ini dipastikan menjadi pemuncak klasemen sementara.

PSM sendiri tengah berada dalam tren yang sangat positif. Bagaimana tidak, tim Juku Eja meraih lima kemenangan beruntun. Sebuah hasil yang membuat mereka mampu mendongkel posisi Persib yang duduk di puncak klasemen sejak akhir paruh pertama lalu.

“Ini akan menjadi pertandingan yang menarik. Kedua tim punya misi untuk mempertahankan posisi atau mendapatkan kembali posisi di puncak klasemen sementara,” ucap pelatih PSM, Robert Rene Alberts.

psm makassar
Ghozali Siregar bisa jadi pemain kunci bagi Persib untuk meraih poin di Stadion Mattoangin. (Idham AMA/Fajar)

Saat PSM tengah meroket, Persib justru mengalami kondisi yang nyaris berbeda 180 derajat. Usai mendapat sanksi superberat dari Komdis PSSI, performa Persib memang langsung melorot tajam. Kehilangan 7 pemain utama dalam waktu yang bersamaan adalah faktor utama dari penurunan penampilan skuad Maung Bandung.

It’s not good. Tapi kita coba ambil tiga poin besok (hari ini, red). Karena kita dapat tambahan pemain. Karena di pertandingan sebelumnya kita kehilangan tujuh pemain, dan itu bukan hal yang mudah,” jelas pelatih Persib Mario Gomez.

Untuk laga kali ini, Mario Gomez mulai bisa sedikit lega. Dia sudah bisa kembali memainkan formasi 4-4-2 andalannya. Karena di lini depan, dia sudah bisa memainkan Jonathan Bauman dan Patrich Wanggai yang sudah bebas dari sanksi Komdis.

Begitu pula di lini tengah. Oh Inkyun yang absen saat menjamu Persebaya sudah bisa kembali bermain. Sebuah situasi yang membuat Abah Gomez bisa kembali memainkan Febri Hariyadi dan Ghozali Siregar di posisi asli mereka sebagai winger.

Khusus bagi Ghozo-sapaan karib Ghozali Siregar-laga Rabu (24/10) sore di Stadion Mattoangin akan terasa berbeda. Karena musim lalu dia berkostum PSM dan tidak banyak mendapat kesempatan. Sementara musim ini, dia justru jadi andalan Persib Bandung.

“Mungkin lebih emosional, karena PSM mantan tim saya. Tetapi, di lapangan yang paling penting bisa memenangkan pertandingan, karena pertandingan nanti berat. Pemimpin klasemen ditentukan di laga ini,” kata Ghozo.

Ghozali bisa jadi kunci bagi Persib untuk menaklukkan PSM di Makassar. Ada keinginan dari Ghozali untuk membuktikan kapasitasnya yang musim lalu tak terlalu dianggap PSM.

Terlebih, Ghozo termasuk spesialis mencetak gol di laga tandang bagi Maung Bandung. Terakhir, dia membuktikan kemampuannya melalui sebuah gol yang langsung membatalkan kemenangan Persipura di Jayapura.

Dengan semangat yang lebih besar dan melupakan kekalahan pahit di laga sebelumnya, Persib pun coba menatap asa meraih kembali poin yang hilang. “Makassar adalah tim yang bagus. Mereka memiliki pelatih yang bagus. Ini akan menjadi pertandingan yang sulit bagi kami. Tapi kami akan mencoba untuk menang setiap waktu,” ujar Gomez.

5 Pertemuan Terakhir
23/05/18: Persib 3-0 PSM
26/01/18: Persib 0-1 PSM
15/10/17: PSM 2-1 Persib
05/07/17: Persib 2-1 PSM
06/02/17: Persib 1-0 PSM

5 Pertandingan Terakhir PSM
19/10/18: Borneo 1-2 PSM
14/10/18: PSM 2-1 Arema
07/10/18: Mitra Kukar 1-4 PSM
23/09/18: PSM 2-0 Sriwijaya
19/09/18: PS TIRA 1-2 PSM

5 Pertandingan Terakhir Persib
20/10/18: Persib 1-4 Persebaya Surabaya
15/10/18: Persipura 1-1 Persib
09/10/18: Persib 1-2 Madura United
23/09/18: Persib 3-2 Persija
17/09/18: Borneo 0-1 Persib

Perkiraan Susunan Pemain
PSM Makassar (4-4-2): Rivky Mokodompit; Fauzan Jamal, Abdul Rahman, Steven Paulle, Zulkifli Syukur; Saldi, Rizky Pellu, Marc Klok, Wiljan Pluim; Guy Junior, Muhammad Rahmat
Pelatih: Robert Rene Alberts

Persib Bandung (4-4-2): Muhammad Natshir; Supardi Nasir, Victor Igbonefo, Tony Sucipto, Ardi Idrus; Ghozali Siregar, Oh In-kyun, Dedi Kusnandar, Febri Hariyadi; Patrich Wanggai, Jonatan Bauman
Pelatih: Mario Gomez

Prediksi JawaPos.com
PSM menang: 25%
Persib menang: 35%
Imbang: 40%

(adw/JPC)