Persebaya Lepas Ketergantungan pada Top Skor Liga 1

Persebaya Lepas Ketergantungan pada Top Skor Liga 1

JawaPos.com – Djadjang Nurdjaman membawa nuansa baru bagi Persebaya Surabaya. Berkat eksperimen dari sang pelatih, Persebaya berhasil melepas ketergantungan terhadap striker asingnya, David da Silva.

Di musim ini David masih tercatat sebagai pemain paling haus gol. Striker asal Brasil itu telah mencetak 16 gol dan bertengger di puncak daftar top skor Liga 1 2018.

Namun sayang, David harus absen cukup lama karena cedera. Masalah itu ia dapatkan di pertandingan melawan Arema FC, awal Oktober lalu. Menurut laman resmi klub, David harus absen dalam tiga hingga empat pekan mendatang.

Absennya David justru menjadi panggung bagi Osvaldo Haay. Eks Persipura Jayapura ini selalu dipasang sebagai striker dalam skema false nine. Lewat skema ini pula, Persebaya berubah menjadi tim yang sangat agresif. Mereka mencetak 12 gol dari empat pertandingan.

“Ternyata tidak tampilnya David ada hikmahnya juga. Kami bisa menemukan penggangganti sepadan, yakni Osvaldo Haay. Dalam beberapa pertandingan dia selalu mencetak gol,” sebut Djanur, sapaan akrab Djadjang Nurdjaman.

Mantan pelatih Persib Bandung ini menambahkan, performa Persebaya dalam empat pertandingan terakhir sudah menjadi bukti bahwa Persebaya telah melepaskan diri dari ketergantungan terhadap David. Ia yakin ke depannya Persebaya akan menunjukkan konsistensi dalam urusan mencetak gol.

“Kami tidak tergantung pada beberapa pemain. Secara statistik kami buktikan bahwa kami bisa produktif. Kalau dihitung rata-ratanya cukup bagus. Secara kolektivitas, kami berhasil bekerja dengan pemain-pemain ini,” ucapnya puas.

(saf/JPC)