Media Asing Singgung Bentrokan Jadwal Liga Indonesia dengan Piala AFF

Media Asing Singgung Bentrokan Jadwal Liga Indonesia dengan Piala AFF

JawaPos.com – Timnas Indonesia menelan hasil buruk di laga pertama Piala AFF 2018. Menghadapi Singapura, Jumat (9/11) kemarin, Indonesia dipaksa menyerah 0-1.

Akibat kekalahan itu, publik menyoroti kinerja PSSI yang tidak becus mengelola sepak bola di Tanah Air. Banyak yang menilai PSSI lebih fokus mengadakan liga domestik ketimbang memperhatikan kesiapan timnas untuk berlaga.

Bahkan disaat Piala AFF 2018 tengah berlangsung, kompetisi Liga 1 sebagai kasta tertinggi dan Liga 2 2018 (divisi dua) masih digelar secara serentak. Hal ini tentunya menjadi perhatian banyak pihak termasuk media massa asing.

Dalam salah satu pemberitaannya, Fox Sports Asia menyoroti kejanggalan ini. Mereka melansir kabar soal kekecewaan suporter Timnas Indonesia karena kompetisi Liga 1 dan Liga 2 digelar bersamaan dengan turnamen Piala AFF.

“AFF Suzuki Cup 2018: Indonesia fans livid as domestic league continues during national team participation,” demikian judul berita tersebut.

Tidak hanya itu saja. Bahkan masyarakat asing turut mempertanyakan hal itu. Salah satunya adalah Pie Chelsea. Dalam akun Facebook-nya dia sempat menmbahas masalah ini.

“Hai teman-temaku dari Indonesia. Aku punya satu pertanyaan kepada kalian, kenapa liga sepak bola di negara kalian tidak berhenti karena tim nasional kalian mempunyai program untuk bermain dengan Singapura, aku tidak mengerti. Aku berpikir ini adalah satu-satunya liga di dunia yang melakukan hal ini,” tulisnya.

Padahal dalam laga selanjutnya, Timnas Indonesia akan menghadapi pertandingan bergengsi melawan juara bertahan, Thailand. Laga tersebut akan berlangsung pada 17 November 2018 nanti. Dan disaat yang bersamaan, Liga 1 2018 sedang memasuki persaingan di pekan ke-31.

(mat/JPC)




COMMENTS