Liverpool 4-0 Red Star Belgrade: The Reds Duduki Puncak Klasemen Grup C – Champions League

Liverpool 4-0 Red Star Belgrade: The Reds Duduki Puncak Klasemen Grup C - Champions League

​Liverpool berhasil meraih tiga poin saat menghadapi wakil Serbia, Red Star Belgrade di laga lanjutan ​Champions League 2018/19 grup C, Kamis (25/10) dini hari WIB. Skuat asuhan Jurgen Klopp, memenangkan laga dengan skor telak 4-0 yang gol-golnya dilesatkan oleh trisula andalannya Roberto Firmino, Mohamed Salah (dua gol), dan Sadio Mane.

Kemenangan ini, juga membuat The Reds naik ke peringkat satu klasemen grup C, setelah Napoli dan Paris Saint-Germain (2-2) hanya meraih hasil imbang.

Detail Pertandingan

Dikalahkan 0-1 oleh Napoli membuat ​Liverpool menargetkan mendapatkan tiga poin saat melawan Red Star Belgrade guna menjaga asa lolos ke babak 16 besar. 

Seperti yang diprediksi sebelumnya, skuat asuhan Jurgen Klopp langsung memperlihatkan permainan menyerangnya sejak menit awal. Menit 7, Sadio Mane berhasil menciptakan peluang pertama untuk ​The Reds. Sayangnya, umpan yang ditujukan ke Mohamed Salah tidak berjalan dengan baik, karena Salah terjebak offside.

Empat menit berselang,​ Liverpool kembali menguji lini pertahanan Red Star Belgrade. Kali ini, Xherdan Shaqiri yang bisa melesatkan umpan terhadap Salah. Namun, pemain asal Mesir tersebut tidak mampu menyelesaikan umpan dengan baik.

FBL-EUR-C1-LIVERPOOL-BELGRADE

Sebenarnya di babak pertama ini Red Star Belgrade terlihat lebih bisa menguasai jalannya pertandingan. Walau begitu, skuat asuhan Vladan Milojevic tetap saja kesulitan untuk menembus lini pertahanan yang dikawal Virgil van Dijk dan kawan-kawan. Hal tersebut bukan berarti Liverpool tidak memperlihatkan usahanya dalam merobek gawang Milan Borjan.

Terbukti, di menit 20 The Reds akhirnya bisa mencetak gol pertamanya setelah Roberto Firmino menyelesaikan umpan Andrew Robertson dengan sempurna. Semakin terlihat percaya diri, membuat Liverpool nyaris menggandakan keunggulan jika Salah bisa mengakhiri peluangnya lebih baik lagi.

FBL-EUR-C1-LIVERPOOL-BELGRADE

Red Star Belgrade, mencoba keberuntungan untuk menembus lini pertahanan The Reds saat 

Marko Gobeljic membangun serangan. Nahas, baru sampai setengah lapangan skuat asuhan Klopp justru malah kembali bisa membangun serangannya.  Bahkan, di menit-menit akhir babak pertama, Salah membantu Liverpool unggul menjadi 2-0.

Babak pertama pun berakhir dengan keunggulan ​The Reds.


Dimulai babak kedua, Liverpool kembali langsung mencoba mendobrak lini pertahanan Red Star Belgrade. Percobaan tendangan Fabinho melalui sepakannya dari luar kotak penalti, masih gagal mengenai target. Namun, nasib baik masih didapati oleh kubu Jurgen Klopp.

Sebab di menit 50, Liverpool mendapatkan hadiah penalti setelah Filip Stojkovic terlihat melanggar Mane di kotak terlarang. Salah yang menjadi eksekutor penalti, juga bisa menjalankan tugasnya dengan baik sehingga membuat The Reds unggul dengan skor 3-0.


Tertinggal 0-3 dari The Reds, membuat kondisi Red Star Belgrade semakin memburuk. Skuat asuhan Milojevic sangat terlihat tidak bisa menikmati permainan ini lantaran Liverpool,selalu dengan mudah bisa merebut bola saat para pemain Red Star Belgrade ingin membangun serangan.

Bahkan, skuat asuhan Milojevic harus kembali menerima nasib sial. Tepatnya di menit 76, harus kembali menerima hukuman penalti. Kali ini penyebab adalah salah satu pemain Red Star yakni El Fardou Ben Nabouhane, terlihat oleh wasit Daniel Siebert melakukan handball.

Akan tetapi, Mane yang menjadi penendang penalti bagi Liverpool gagal menambahkan keunggulan untuk skuat asuhan Klopp, karena tendangannya masih bisa ditahan oleh Borjan. Meski gagal mencetak gol melalui titik putih, Mane tetap bisa mencatatkan namanya di papan skor di menit 80 – sekaligus membuat Liverpool unggul dengan skor 4-0 – kala dirinya memanfaatkan umpan yang diberi oleh Sturridge.

FBL-EUR-C1-LIVERPOOL-BELGRADE

Di penghujung laga, tendangan jarak jauh yang terarah dilesatkan oleh Sturridge masih gagal merobek gawang Borjan. Saat sepakan Sturridge gagal, giliran Mane yang mencoba peluangnya untuk semakin bisa memperlebar keadaan. Sayangnya, kesempatan emas pemain asal Senegal tersebut untuk mencetak gol keduanya tidak terlaksana, karena penyelesaikan akhir yang kurang baik.

Pertandingan pun berhasil dimenangkan ​The Reds dengan skor 4-0.



​Susunan Pemain:

Liverpool 4-3-3: Alisson Becker; Trent Alexander Arnold, Virgil van Dijk, Joe Gomez, Andrew Robertson (Alberto Moreno 82′); Xherdan Shaqiri (Adam Lallana 68′), Fabinho, Georginio Wijnaldum; Mohamed Salah (Daniel Sturridge 73′), Roberto Firmino, Sadio Mane. 

Red Star Belgrade 4-2-3-1: Milan Borjan; Marko Gobeljic, Srdjan Babic, Milos Degenek, Filip Stojkovic; Nenad Krsticic, Branko Jovicic (Goran Causic 75′)Slavoljub Srnic, Lorenzo Ebecilio (Dusan Jovancic 65′)El Fardou Ben Nabouhane (Veljko Simic 81′)Richmond Boakye.