Berita Terhangat Wiranto Bikin Tim Untuk Usut Pelanggaran Ham Kala Lalu, Netizen : Mau Menyidik Dirinya Sendiri.. Kita Dukung Sepenuhnya.. πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

Jiromedia.comPemerintah akan membentuk tim adonan terpadu untuk mengungkap dugaan pelanggaran berat terhadap hak asasi insan (HAM) di masa lalu. Tim tersebut terdiri atas banyak sekali forum terkait.

β€œHari ini, kami memutuskan bersama membentuk tim adonan terpadu dari semua forum terkait,” kata Menko Polhukam Wiranto usai menggelar rapat koordinasi khusus (rakorsus) wacana pelanggaran HAM berat di kantornya, Jakarta, Senin (30/7/2018).

Dia menuturkan, tim adonan terpadu yang terdiri dari Kejaksaan Agung, Komnas HAM, Polri, dan Kemenkumham itu akan membedah satu per satu pelanggaran HAM masa lalu. β€œBersama-sama untuk duduk membedah satu persatu secara jujur. Jujur kepada beliau sendiri, jujur kepada masyarakat dan jujur kepada Tuhan. Kita bedah satu per satu di mana hambatannya,” ujarnya.

Menurut mantan panglima ABRI zaman orde gres itu, ada kemungkinan dugaan pelanggaran HAM berat masa kemudian diselesaikan melalui jalur nonyudisial. Kemungkinan itu bisa saja terwujud bila pemerintah memang tak bisa mendapat bukti yang cukup untuk menuntaskan dugaan-dugaan pelanggaran di masa lalu.

Wiranto mengatakan, upaya pembentukan tim adonan terpadu itu sebagai upaya transparansi kepada masyarakat, sehingga tidak terjadi saling tuduh antarpihak. β€œKami akan tampilkan kejujuran kepada masyarakat. Jangan hingga ada tuduh-menuduh. Kami ingin tuduhan pelanggaran HAM berat masa kemudian itu sanggup diselesaikan dengan sebaik-baiknya,” tuturnya.

Dalam kesempatan itu, Wiranto menyebutkan, belum terungkapnya pelanggaran HAM masa kemudian sebab kurangnya pembuktian. Hasil penyelidikan Komnas HAM pun hingga dikala ini belum lagi ada titik temu. 

β€œAda kendala-kendala yang dihadapi, antara lain hambatan pembuktian. Dari Komnas HAM sudah melakukan penyelidikan, tetapi hasil penyelidikan ternyata belum memenuhi syarat di Kejaksaan Agung untuk dilanjutkan ke penyidikan dan penuntutan,” kata dia.


[ inews]

Mengetahui pernyataan wiranto netizenpun angkat bicara :