Berita Terhangat Sandiaga Blacklist Penyelenggara Bagi-Bagi Sembako Di Monas

Jiromedia.comWakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno mem-blacklist penyelenggara bagi-bagi sembako di Monas, Sabtu (28/4) lalu. Penyelenggara program itu yaitu Forum Untukmu Indonesia (FUI). 

“Udah niscaya (di-blacklist). Kita tidak akan memperlihatkan kesempatan lagi kepada mereka,” kata Sandi di Auditorium lantai 2 Gedung Kementerian Koperasi dan UKM RI, Jakarta Selatan, Jakarta Pusat, Rabu (2/5/2018).

Larangan FUI menggelar program di Jakarta yakni buntut dari meninggalnya dua warga dalam program tersebut, meski dikatakan 2 orang meninggal terjadi di luar acara. Sandi menyebut kegiatan bagi-bagi sembako melanggar banyak aturan.


“Melanggar bukan saja pergub, tapi melanggar begitu banyak aturan dan ketentuan. Karena pembagian sembako itu tidak diperkenankan di pergub. Kedua yaitu ihwal ketenteraman dan ketertiban, berbagai yang dilanggar,” terperinci Sandi.

“Beberapa Peraturan Daerah sedang diinventaris distributor aturan apa saja yang dilanggar. Tapi ini kiprah kita memperlihatkan sanksi. Kalau soal kehilangan nyawa dan sebagainya, tentunya wewenang ada di aparat,” ujarnya.


Sandi sudah menginstruksikan dinas terkait untuk meminta pertanggungjawaban panitia Forum Untukmu Indonesia (FUI). Sandi juga akan melaksanakan penilaian terhadap kegiatan di Monas semoga kegiatan serupa tak terulang.

“Dan yang terakhir tentunya evaluasi. Ketiga penilaian dan koreksi, apa saja yang perlu dilakukan semoga insiden yang sangat disayangkan ini tidak terulang kembali,” katanya.(detikcom)