Berita Terhangat Prabowo: Aku Dipesan Ayah Untuk Selalu Menghormati Bung Karno

Jiromedia.comKetua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto pernah dipesankan ayahnya, Soemitro Djojohadikoesoemo, untuk selalu menghormati Bung Karno dan membela politik kebangsaan dan kerakyatan sang proklamator kemerdekaan Indonesia.


Sejarah memang mencatat bahwa Bung Karno dan Soemitro pernah berseberangan. Namun perbedaan pandangan politik di antara keduanya tidak didasarkan pada pertarungan perebutan kekuasaan, melainkan pada pilihan taktik membangun bangsa.

Hal itu disampaikan Prabowo dalam perbincangan di VIP Room Bandara Djuanda, Surabaya, Kamis (3/5). Prabowo sedang melaksanakan kunjungan ke beberapa kota di Jawa Timur. Dalam kunjungan ini, Prabowo didampingi Rachmawati Soekarnoputri yang juga salah seorang wakil ketua umum Partai Gerindra.

Menurut Prabowo, Bung Karno pernah memperlihatkan posisi Wakil Perdana Menteri (Waperdam) kepada ayahnya. Namun, alasannya yaitu perbedaan pandangan, Soemitro menolak.

Di simpulan masa kekuasaan Bung Karno, Soemitro mengumpulkan semua anaknya dan berpesan kepada mereka supaya selalu menghormati Bung Karno dan melanjutkan perjuangannya.

“Kalau bukan alasannya yaitu Bung Karno, negara ini tidak akan merdeka. Hormati Bung Karno,” ujar Soemitro ibarat dikutip Prabowo.

Rachma yang duduk di sebelah Prabowo tersenyum mendengarkan dongeng itu. 

“Yang penting hari ini kita berjuang bersama mengembalikan kedaulatan, harkat dan martabat bangsa, melanjutkan kiprah kemerdekaan yang sudah diproklamasikan para pendiri bangsa,” ujar Rachma.

Prabowo dan Rachma direncanakan berziarah ke makam Bung Karno di Blitar, Jumat pagi.[rmol]