Berita Terhangat Laporan Pertandingan: Manchester United 2-0 Benfica

Liga Champions – Langkah Manchester United untuk memastikan daerah di babak 16 besar semakin bersahabat usai menaklukkan Benfica 2-0 dalam berkelahi matchday keempat Grup A Liga Champions, Rabu (1/11) dini hari WIB.

Mereka sebetulnya bisa saja dipastikan lolos lewat kemenangan ini tapi hal tersebut tertunda alasannya ialah di berkelahi lain CSKA Moskwa berhasil membalikkan kedudukan untuk unggul 2-1 atas Basel, sehingga ketiga tim tersebut masih punya peluang untuk lolos ke babak selanjutnya.

Dalam berkelahi yang berlangsung di Old Trafford tersebut, United pribadi berupaya mencetak gol semenjak awal laga.

Tim asuhan Jose Mourinho itu lalu mendapat peluang emas untuk unggul ketika berkelahi gres memasuki menit ke-15. Tuan rumah mendapat hadiah penati sehabis Anthony Martial dilanggar oleh Douglas.

Namun Martial gagal mengeksekusi penalti dengan baik. Tendangannya bisa ditepis oleh kiper muda Benfica Mile Svilar.

Benfica lalu sempat berbalik mengancam gawang United. Diogo Goncalves melepaskan tendangan keras dari luar kotak penalti yang mengarah ke pojok atas gawang, tapi David de Gea bisa cepat bereaksi untuk melaksanakan evakuasi andal dengan menepis bola tersebut.

United terus berupaya menggempur gawang tim tamu. Romelu Lukaku mempunyai dua peluang lewat tendangan mendatar dan sundulannya namun upayanya tersebut masih bisa ditepis Svilar dan belum menemui sasaran.

Tuan rumah pada balasannya bisa memecah kebuntunan di menit final babak pertama.

Nemanja Matic melepaskan tendangan keras dari jarak sekitar 27 meter, bola sempat membentur  tiang namun lalu tetap masuk ke dalam gawang sehabis membentur tubuh Svilar. Kiper berkebangsaan Belgia berusia 18 tahun itu pun tercatat melaksanakan gol bunuh diri.

Setelah tercatat sebagai kiper termuda yang tampil di Liga Champions, Svilar kembali mencatatkan dua rekor gres di berkelahi ini.

Di usia 18 tahun 65 hari, Svilar tercatat sebagai kiper termuda yang berhasil menyelamatkan tendangan penalti di ajang Liga Champions.

Tapi sekarang ia juga tercatat sebagai kiper termuda yang mencetak gol bunuh diri dalam sejarah kompetisi tersebut.

Di babak kedua Benfica berupaya menekan untuk menyamakan kedudukan. Namun mereka kesulitan menembus kotak penalti United, mereka hanya bisa melepaskan tembakan dari luar kota penalti.

Memasuki menit ke-60 Benfica mendapat peluang emas sehabis Diogo Goncalves bisa menggiring bola melewati Chris Smalling. Winger berusia 20 tahun itu lalu melepaskan tendangan jarak bersahabat namun lagi-lagi masih bisa dihalau oleh De Gea.

Lima menit berselang Benfica kembali nyaris saja menyamakan kedudukan. Berawal dari kesalahan Eric Bailly dalam melaksanakan operan, bola lalu bisa dikuasai Raul Jimenez. Penyerang asal Meksiko itu lalu melepaskan tendangan di dalam kotak penalti yang menciptakan De Gea tak bereaksi, namun bola masih membentur tiang gawang.

Memasuki menit ke-78, justru United yang sukses menambah keunggulan. Mereka mendapat hadiah penalti untuk kedua kalinya di berkelahi ini sehabis Marcus Rashford dijatuhkan oleh Andreas Samaris.

Daley Blind yang kali ini menjadi eksekutor sukses menaklukkan Svilar lewat tendangan kerasnya ke tengah gawang.

Di sisa berkelahi Benfica tetap tidak bisa membobol gawang United. Kekalahan ini menciptakan mereka gagal meraih satu poin pun dalam empat berkelahi di fase grup. Sebaliknya, United berhasil menyapu higienis kemenangan dari pertandingan yang mereka jalani di fase grup sejauh ini.

Kemenangan ini sebetulnya bisa saja menciptakan United dipastikan lolos ke 16 besar. Tapi keberhasilan CSKA Moskwa membalikkan kedudukan di markas Basel menciptakan hal tersebut tertunda.

Berlaga di St. Jakob-Park, tuan rumah Basel sukses membuka keunggulan lewat gol sang gelandang Luca Zuffi pada menit ke-32. Tapi di babak kedua tim tamu berhasil mencetak dua gol balasan.

Memasuki menit ke-65 Alan Dzagoev menciptakan skor imbang lewat tendangannya di area penalti. Mereka lalu sukses membungkam tuan rumah sehabis Pontus Wernbloom membawa CSKA berbalik unggul pada menit ke-79.

Kemenangan tersebut menciptakan CSKA sekarang mengumpulkan enam poin, sama dengan perolehan Basel yang menempati peringkat kedua. Mereka tertinggal enam poin dari United yang berada di urutan teratas.

Cuplikan Pertandingan:

 Langkah Manchester United untuk memastikan daerah di babak  Berita Terhangat Laporan Pertandingan: Manchester United 2-0 Benfica