Berita Terhangat Laporan Pertandingan: Liverpool 3-0 Huddersfield Town

Liga Primer – Setelah menelan kekalahan telak 4-1 dari Tottenham Hotspur, Liverpool pribadi menunjukkan respons positif lewat kemenangan 3-0 atas Huddersfield Town di Anfield, Sabtu (28/10) malam WIB, dalam partai lanjutan Liga Primer Inggris.

Diwarnai penalti gagal Mohamed Salah di babak pertama, armada Jurgen Klopp kemudian mampu menggelontorkan tiga gol di babak kedua yang dibagi rata oleh Daniel Sturridge, Roberto Firmino, dan Georginio Wijnaldum. Kemenangan meyakinkan ini mengantar The Reds naik ke peringkat enam klasemen sementara.

Bermain dengan lini belakang yang sama persis dikala dihajar Tottenham, Liverpool terlihat kesulitan untuk menemukan tempo permainan yang pas di babak pertama meski mereka tampil dominan. Huddersfield yang lebih banyak duduk bertahan terlihat bisa meredam serangan tuan rumah. Akibatnya, tidak ada peluang berarti dalam 25 menit pembuka.

Peluang faktual gres tercipta di menit ke-28 melalui kolaborasi anggun antara Mohamed Salah dan Roberto Firmino. Sayang, meski dalam posisi bagus, sepakan Salah masih terlalu lemah sehingga gampang diamankan Jonas Lossl. Itulah satu-satunya kans bagus Liverpool di babak pertama dari permainan terbuka. Ketiadaan Philippe Coutinho menciptakan tuan rumah terlihat minim kreativitas.
Laga yang tampak adem ayem tiba-tiba berubah dramatis jelang turun minum. Penyebabnya yaitu hadiah penalti dari wasit Kevin Friend sesudah Tommy Smith menarik jersey Firmino di kotak terlarang. Namun, Salah sebagai eksekutor penalti gagal menunaikan tugasnya alasannya yaitu sepakannya berhasil terbaca oleh Lossl. Liverpool pun batal masuk ke ruang ganti dengan keunggulan satu gol.

Alur permainan yang lambat di babak pertama kemudian berangsur meningkat selepas jeda. Hal ini ditandai dengan gol pembuka Liverpool yang dicetak Daniel Sturridge lima menit sesudah babak kedua dimulai. Smith gagal membuang tepat umpan lambung dari Alberto Moreno sehingga Sturridge leluasa menceploskan bola dari jarak dekat.
Liverpool kemudian terus menekan dan Sturridge seharusnya bisa mencetak gol kedua di menit ke-56, tapi sepakan jarak dekatnya diblok oleh Zanka. Beruntung, skor 2-0 benar-benar tercipta tak usang sesudah Sturridge menyia-nyiakan kans emas tersebut. Adalah tandukan Firmino, memanfaatkan sepak pojok James Milner, yang menciptakan keunggulan tuan rumah bertambah.
Selanjutnya, Liverpool dua kali nyaris menjauh sesudah sepakan Salah mengenai mistar dan tandukan Joel Matip melebar tipis. Gol ketiga yang tinggal menunggu waktu karenanya tercipta di menit ke-75 ketika Georginio Wijnaldum melepaskan tembakan keras menyambut umpan Salah. Keunggulan 3-0 ini menciptakan The Reds bisa bersantai di sisa tabrak dan bertahan sampai peluit panjang dibunyikan.
Susunan Pemain:
Liverpool (4-3-3): Mignolet; Gomez, Lovren, Matip, Moreno; Milner, Henderson, Wijnaldum; Salah (Solanke 81’), Sturridge (Can 74’), Firmino (Oxlade-Chamberlain 66).
Huddersfield Town (4-3-3): Lossl; Smith (Hadergjonaj 69’), Zanka, Schindler, Lowe; Hogg, Mooy, Williams (Mounie 69’); Ince, Depoitre, van La Parra (Kachunga 34’).

Cuplikan Pertandingan: