Berita Terhangat Joko Widodo Soal Sontoloyo, Demokrat: Tak Mau Dikritik Jangan Jadi Pemimpin

Jiromedia.comSekretaris Jenderal Partai Demokrat Hinca Pandjaitan menanggapi sindiran Jokowi yang menyebut “politisi sontoloyo”. Menurutnya, calon presiden nomor urut 01 itu seharusnya memakai istilah yang baik di tengah masyarakat.


Menurut Hinca, kritikan yang dilayangkan oleh beberapa politisi juga dianggapnya masih normal. Sehingga, tidak perlu dianggap berseberangan.

1. Kritik yang dilayangkan kepada pemerintah masih dianggap normal

Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Hinca Pandjaitan menanggapi sindiran Jokowi yang menye Berita Terhangat Jokowi Soal Sontoloyo, Demokrat: Tak Mau Dikritik Jangan Kaprikornus Pemimpin

Mendengar pernyataan Jokowi tentang ‘politisi sontoloyo’, Hinca pun menyampaikan supaya Jokowi sanggup memakai istilah yang baik di tengah masyarakat. Karena baginya, kritikan para politisi ihwal dana kelurahan juga masih terbilang normal.

“Ada suatu kebijakan Anda kritisi, itu normal saja. Oleh alasannya yaitu itu, kritik itu harus dianggap sebagai vitamin lah. Tidak perlu contohnya dianggap menjadi terus berseberangan sekali. Kaprikornus aku kira dalam alam demokrasi yang terbuka, kritik itu sangat baik,” kata Hinca di Gedung dewan perwakilan rakyat RI, Rabu (24/10).

2. Menjadi pemimpin harus siap mendapatkan kritik dari banyak sekali pihak

Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Hinca Pandjaitan menanggapi sindiran Jokowi yang menye Berita Terhangat Jokowi Soal Sontoloyo, Demokrat: Tak Mau Dikritik Jangan Kaprikornus Pemimpin

Lebih lanjut, Hinca memberikan bahwa menjadi pemimpin harusnya sudah siap mendapatkan kritik dari pihak manapun. Jika tidak ingin dikritik, kata dia, lebih baik tidak usah menjadi seorang pemimpin.

“Saya selalu bilang begini ilustrasinya, bila engkau tidak ingin terpercik air, mengapa engkau dirikan rumahmu di pinggir pantai. Jika engkau tidak ingin dikritik media, jangan jadi bupati, gubernur, kan begitu,” jelas Hinca.

Sindirnya, lebih baik menjadi rakyat biasa, sehingga tidak akan mendapatkan kritikan dari banyak sekali pihak.

“Lebih anggun kayak ibuku saja sekalian, petani. Kan mustahil kalian kritik. Itu lah makna tadi bila engkau tidak ingin terpercik air mengapa engkau dirikan rumahmu di tepi pantai,” sambungnya.

3. Jokowi sebut politisi sontoloyo

Sebelumnya, Presiden Joko “Jokowi” Widodo sempat berpesan supaya masyarakat tidak gampang percaya kepada ucapan politisi. Karena menurutnya, banyak politisi yang memperdaya masyarakat untuk keperluan politik mereka. 


“Hati-hati, banyak politikus yang baik-baik, tapi juga banyak politikus yang sontoloyo!” kata Jokowi dikala menghadiri pembagian 5.000 akta tanah di Lapangan Sepakbola Ahmad Yani, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Selasa (22/10).
(idn)

COMMENTS