Berita Terhangat Jangan Lamar Kekasih Dengan Cincin Berlian, Ini Alasannya

Pangeran Harry memasangkan cincin pertunangan bermata berlian ketika melamar kekasihnya Meghan Markle

Pangeran Harry memasangkan cincin pertunangan bermata berlian ketika melamar kekasihnya Megh Berita Terhangat Jangan Lamar Kekasih dengan Cincin Berlian, Ini Alasannya
Pangeran Harry memasangkan cincin pertunangan bermata berlian ketika melamar kekasihnya Megh Berita Terhangat Jangan Lamar Kekasih dengan Cincin Berlian, Ini Alasannya

Berita Hari Ini Cincin itu dirancang sendiri oleh putra kedua Pangeran Charles itu. Ada tiga berlian yang dipasang di sana, dua di antaranya berasal dari koleksi Putri Diana, ibunya yang telah usang berpulang.

Tak hanya Pangeran Harry, ada banyak pasangan lain yang mengakibatkan berlian sebagai simbol ikatan kasih. Mereka berharap, cinta mereka sekuat berlian.

Berlian terbentuk di kedalaman 150 kilometer di bawah permukaan Bumi, dengan tekanan sekitar 5 giga pascal dalam temperatur sekitar 1.200 derajat Celcius. Kondisi ekstrem itu membuatnya menjadi benda yang superkeras.

Bahkan diamond — Bahasa Inggris berlian — berasal dari Bahasa Yunani adamas yang berarti “tak sanggup dihancurkan”.

Pemakaian cincin berlian ketika melamar kekasih sudah usang dipraktikkan. Meski, berlian ialah barang mahal. Harga sebutir berlian paling murah setara dengan tiga bulan honor rata-rata orang Inggris.

Gagasan yang seakan mengharuskan laki-laki untuk menghabiskan banyak uang demi sanggup melamar sang kekasih dengan cincin bermata berlian, sanggup ditelusuri semenjak tahun 1938-an.

Adalah DeBeers, toko suplemen berlian yang memulai inspirasi itu. Demikian menyerupai dikutip dari situs Indy100 pada Jumat (1/12/2017).

Iklan penjualan itu sejatinya menargetkan para pria. DeeBeers ingin membuat sensasi kemewahan dan tradisi seputar berlian.

Berlian sejatinya bukan barang langka. Memang pada tahun 1870-an berlian cukup sulit didapat. Kebanyakan hanya digunakan oleh kaum ningrat.

Namun, semenjak ditemukan cadangannya dalam jumlah luar biasa di Kimberly, Afrika Selatan, berlian muai membanjiri pasar, harga kerikil mulia itu pun jatuh.

Meski demikian, DeBeers ingin mempertahankan gambaran berlian sebagai simbol cinta sekaligus gengsi.

Jadi, DeBeers mulai memasarkannya sebagai simbol status, atas saran Gerold Lauck dari agensi periklanan N.W.Ayer.

“Hadiah berlian secara substansial sanggup dijadikan simbol kesuksesan langsung — sebuah mulut pencapaian dan status sosial serta ekonomi,” tulis agensi itu.

Dengan demikian, terbentuk konvensi atau janji bahwa seorang laki-laki yang membelikan istrinya cincin berlian ialah bukti cinta besar.

Dewasa ini, makin banyak perempuan mendapatkan cincin berlian ketika mereka bertunangan. Hal itu membuat pasar tetap yakin.

Namun, belakangan justru muncul sejumlah saran, untuk tidak melamar kekasih dengan cincin berlian. Apa alasannya?

Sebab, berlian dinilai sebagai investasi yang buruk. Berlian mempunyai harga beli yang jauh lebih tinggi daripada nilai jualnya. Dengan kata lain, harganya cenderung jatuh.

Jika Anda mencoba menjual berlian yang Anda miliki ke toko perhiasan, kemungkinan mereka akan menunjukkan sepertiga dari harga belinya.

Pangeran Harry memasangkan cincin pertunangan bermata berlian ketika melamar kekasihnya Megh Berita Terhangat Jangan Lamar Kekasih dengan Cincin Berlian, Ini Alasannya

Lantas, mengapa berlian harganya selangit? Hal itu didorong fakta bahwa hanya ada beberapa perusahaan memegang dominasi di pasar berlian selama beberapa dekade.

Berlian sejatinya melimpah, apalagi di angkasa luar. Para ilmuwan pernah menemukan bintang mati yang bermetamorfosis menjadi berlian seukuran Bumi.

Bintang mati tersebut berubah menjadi katai putih (white dwarf) terdingin yang pernah terdeteksi.

‘Jasad’ bintang redup tersebut begitu dingin, yang membuat seluruh karbon terkristalisasi. Atau secara efektif membentuk sebuah berlian seukuran Bumi. “Itu ialah objek yang luar biasa,” kata pemimpin studi David Kaplan, dosen University of Wisconsin-Milwaukee dalam pernyataan yang dikeluarkan National Radio Astronomy Observatory (NRAO), menyerupai dimuat situs sains SPACE.com.

Tak hanya itu, hujan berlian juga pernah melanda Planet Saturnys dan Yupiter.

Data atmosfer dari dua planet gas raksasa itu mengindikasikan bahwa ia mempunyai karbon melimpah. Badai petir mengubah metana menjadi jelaga (karbon) yang mengeras menjadi pecahan grafit dan kemudian berlian. Namun, hujan kerikil berlian itu balasannya mencair dalam inti panas planet.

“Berlian terbesar berdiameter sekitar 1 centimeter. Cukup besar untuk dijadikan mata cincin, meski dalam kondisi belum diasah tentunya,” kata Dr Kevin Baines dari University of Wisconsin-Madison dan Jet Propulsion Laboratory NASA, menyerupai dimuat BBC News.

Dia menambahkan, sesudah diasah, berlian itu cukup besar dan menyilaukan menyerupai yang dipamerkan oleh pemain drama lawas, Elizabeth Taylor.

“Intinya, ada sekitar 1.000 ton berlian diproduksi di Saturnus tiap tahunnya,” tambah Kevin Baines. “Orang-orang bertanya, bagaimana kami yakin? Sebab kita belum sanggup ke sana dan membuktikannya.”

Dan jawab dia, “Itu semua bermuara pada kimia. Dan kami cukup yakin.”

Bagaimana dengan di Bumi? Ada Popigai Astroblem, kawah besar belas goresan asteroid 35 juta tahun kemudian di Siberia, Rusia yang menyimpan berlian triliunan karat yang sanggup menyuplai pasar dunia selama 3.000 tahun!

Pangeran Harry memasangkan cincin pertunangan bermata berlian ketika melamar kekasihnya Megh Berita Terhangat Jangan Lamar Kekasih dengan Cincin Berlian, Ini Alasannya