Berita Terhangat Gojek Jadi Biro Pajak?

Sri Mulyani menggandeng GoJek untuk jadi Agen Pajak Online

Sri Mulyani menggandeng GoJek untuk jadi Agen Pajak Online Berita Terhangat GoJek Makara Agen Pajak?
Sri Mulyani menggandeng GoJek untuk jadi Agen Pajak Online Berita Terhangat GoJek Makara Agen Pajak?

Berita Hari Ini Kemarin, Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, bertemu dengan CEO Gojek Indonesia, Nadiem Makarim, di kantor Kementerian Keuangan. Dari situ muncul ihwal mengakibatkan Gojek sebagai biro pajak.

Maksud biro pajak adalah, Gojek sanggup melayani pembuatan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) dan juga pelaporan SPT Tahunan.

Awalnya ketika datang di Kementerian Keuangan sekitar pukul 10.59 WIB kemarin, Nadiem tidak mau berkomentar banyak soal pembahasan yang akan dilakukannya dengan Sri Mulyani. Usai pertemuan, Nadiem gres berbicara soal hasil pertemuan tersebut.

“Bicara soal ke depannya fintech Indonesia, kami diminta makro. Seperti apa sih, revolusi digital menyerupai apa, revolusi fintech menyerupai apa? Bagaimana behaviour (kebiasaan) konsumen di negara-negara lain itu diskusi ke depan. Itu Menkeu mau tahu menyerupai apa,” kata Nadiem kemarin.

Menurut Nadiem, perkembangan digital ekonomi di Indonesia akan mempermudah masyarakat dalam mengakses layanan keuangan.

“Revolusi digital itu tidak hanya di fintech tapi di semua macam area dan vertikal, berdasarkan saya itu hal luar biasa, bayangkan jikalau semua orang punya jalan masuk ke financial inclusion, layanan keuangan maka dia sanggup meningkatkan taraf ekonomi apakah sanggup financial services, sanggup layanan produk termurah dan lain-lain,” terang dia.

Sementara di daerah terpisah, Direktur Transformasi Teknologi Komunikasi dan Informasi Ditjen Pajak, Iwan Guniardi, menyampaikan pemerintah akan memanfaatkan Gojek Indonesia sebagai perusahaan penyedia jasa aplikasi (application service provider/ASP) dalam bidang pajak.

“Pak Nadiem itu kan minta biar dia sanggup diberikan atau sanggup dijadikan sebagai ASP lah,” kata Iwan.

Iwan menjelaskan, permintaan sebagai ASP yang dimaksud ialah untuk menjadi biro pajak dalam hal pembuatan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) sampai pembayaran SPT Tahunan.

“Orang sanggup pendaftaran NPWP lewat sehingga dia akan menjadi salah satu biro kita, nanti ke depan juga SPT, semua. Ya namanya biro pajak, itu sanggup pembayaran dan segala macam. Coba kita lihat saja nanti aturannya. Dari sisi teknologi enggak ada masalah,” terang Iwan.

Sri Mulyani menggandeng GoJek untuk jadi Agen Pajak Online Berita Terhangat GoJek Makara Agen Pajak?

Keinginan Gojek Indonesia, kata Iwan, juga sejalan dengan rencana Ditjen Pajak dalam membuatkan sistem perpajakan nasional. Keinginan Nadiem Makarim mengakibatkan perusahaannya sebagai ASP juga telah menerima restu dari Sri Mulyani Indrawati.

“Bu menteri sudah meng-endorse, Bu Menkeu endorse ialah impian gojek untuk menjadi tax agent,” kata Iwan.

Mengenai restu, kata Iwan, tidak perlu menunggu dari Menteri Keuangan karena sudah ada hukum tersendiri yang mengenai perusahaan penyedia layanan perpajakan digital (ASP).

“Sehingga sanggup membantu peningkatan kepatuhan pajak,” terang dia.

Dengan diberikannya izin ASP kepada Gojek Indonesia, maka ke depannya Gojek sanggup melayani pembuatan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) dan pembayaran SPT Tahunan.

Sri Mulyani menggandeng GoJek untuk jadi Agen Pajak Online Berita Terhangat GoJek Makara Agen Pajak?