Berita Terhangat Awal Mula Mustofa Nahra Curiga #Gelangkode Susi Ferawati

Jiromedia.comSorotan perihal gelang yang digunakan Susi Ferawati di CFD pertama kali diungkap oleh pemilik akun Twitter @NetizenTofa, Mustofa Nahra. Mustofa mengungkap awal mula kecurigaannya terhadap gelang yang disebut sebagai #GelangKode itu.


Mustofa mengaku merasa curiga semenjak awal kedatangannya di CFD di Bundaran HI. Saat itu, beliau mengaku banyak diajak foto oleh orang yang tak dikenalnya.

“Kemarin, saya turun 09.00 WIB di CFD, saya curiga sebenarnya. Banyak orang minta foto di Bundaran. Mulai saya turun di depan Grand Indonesia hingga muter di pos polisi, banyak yang minta foto. Tapi saya curiga, mereka tidak kenal mereka. Mereka mengaku kenal dari sosmed,” kata Mustofa ketika dihubungi, Kamis (3/5/2018).
Dia mengaku punya kemampuan mengenali situasi di lingkungan sebab pernah ikut dalam tim pencari fakta untuk membuka kasus kriminal. Mustofa juga mengaku beberapa kali mengikuti pengenalan teknik-teknik pembongkaran copet.

Hingga alhasil Mustofa berada tak jauh dari lokasi ketika Susi Ferawati ramai dikerubungi warga yang mengenakan kaus #2019GantiPresiden. Saat itu, Mustofa tetap berkegiatan sembari meningkatkan kewaspadaan.

“Lalu mengajak bergeser-geser menuju ke depan jembatan Hyatt. Saya curiga sebab di depan situ terjadi keributan Mba Susi ini. Saya tidak kenal orang yang kibas-kibas duit dan korban ini. Dalam feeling saya, saya mesti hati-hati sebab di situ ada ribuan orang bergerombol. Makara saya tidak terpengaruh. Saya tetep foto-foto. Saya khawatir itu copet, atau akal-akalan berkelahi, akal-akalan sedang ramai-ramai, tahu-tahu dompet saya hilang, HP saya hilang,” ujarnya.

Mustofa curiga digeser-geser orang yang tak dikenalnya untuk masuk ke dalam frame video ketika Fera diintimidasi dan dilecehkan dengan dikibaskan uang. Hingga kemudian, orang mengaitkan dirinya dengan forum Muhammadiyah dan PKS.

“Kemungkinan yang ingin saya itu masuk ke dalam video Mba Susi. Supaya saya masuk ke dalam video tersebut. Agar orang kaitkan saya dengan Muhammadiyah, forum saya. Dan juga PKS. Padahal saya bukan kader PKS,” ujarnya.

Setelah selesai, Mustofa menceritakan ketika spanduk dan kaus #2019GantiPresiden yang dibawa istrinya diambil 2 orang yang mengaku polisi. Dia ingat keduanya menggunakan gelang.

Kemudian, Mustofa menyaksikan video viral terkait tabrakan orang yang mengenakan kaus #2019GantiPresiden dan #DiaSibukKerja di Youtube. Satu hal yang disorotnya yaitu penggunaan gelang kayu berwarna cokelat yang digunakan Fera dan beberapa orang lainnya ketika tabrakan terjadi. Gelang ini digunakan mereka untuk saling mengenali.

“Kalau dulu jaman kita aktif turun ke jalan, ketika demo kan pakai instruksi atau sandi. Misal pakai pita, topi. Mereka sengaja pakai gelang yang sama,” ujar dia.

Sebelumnya, pengacara Fera, Muannas Alaidid, memberi jawaban soal pembahasan gelang kode. Muannas menyampaikan gelang yang digunakan Fera berasal dari Madinah, Arab Saudi, yang dibeli ketika umrah. Dia menyampaikan Fera pun tak mengenal dengan korban persekusi lainnya.

Muannas juga ingin mengungkap insiden tabrakan yang terjadi di CFD tersebut yaitu dengan melanjutkan proses hukum. Dia meminta polisi segera memproses kasus dengan cara menangkap dan meminta keterangan orang-orang yang diduga melaksanakan intimidasi dan pelecehan dalam video tersebut.

Mustofa mengaku sepakat dengan tawaran tersebut. Menurutnya kasus ini harus diusut tuntas.

“Sangat setuju, untuk diusut tuntas dari awal. Periksa saja orang yang kelihatan dan terlibat berinteraksi di tabrakan itu,” kata dia. [detik]