BATE Borisov 0-1 Chelsea: The Blues Amankan Tiket 32 Besar Europa League

BATE Borisov 0-1 Chelsea: The Blues Amankan Tiket 32 Besar Europa League

​​Chelsea sukses mengamankan tiket ke-32 besar Europa League melalui kemenangan 1-0 atas BATE Borisov di Borisov Arena di laga keempat grup L. Atas hasil tersebut, The Blues mengoleksi 12 poin dan tidak dapat lagi turun dari dua besar grup L, karena ketiga tim lainnya, PAOK, BATE, Videoton, terpaut poin jauh dari mereka.

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama

Terinspirasi kemenangan heroik 2-0 Red Star Belgrade atas Liverpool di Champions League, BATE Borisov coba mengulangi hal yang sama saat menjamu Chelsea di laga keempat grup L Europa League. Atmosfer di Borisov Arena sudah mendukungnya: tidak bersahabat untuk Chelsea.

Tapi, perbedaan kualitas tidak berbohong. Chelsea mendominasi sepenuhnya pertandingan di menit-menit awal pertandingan. BATE hanya mengandalkan serangan balik dan merapatkan baris pertahanan di lini belakang.

Kendati demikian, Chelsea mendapatkan peringatan di menit 11 ketika sepakan spekulatif Dmitri Baga dari luar kotak penalti mengenai mistar gawang yang dijaga Kepa Arrizabalaga. Chelsea pun menaikkan intensitas serangan mereka.

Namun, sampai paruh pertama berakhir, Chelsea yang mendominasi pertandingan tidak mampu meruntuhkan rapatnya pertahanan BATE. Justru tuan rumah yang cukup mengancam melalui sepakan Baga yang mengenai mistar gawang dan tandukan Stanislav Dragun, dari sepak pojok, yang diamankan oleh Kepa.

Babak Kedua

Laga babak kedua dimulai tanpa ada satu pun pergantian pemain. Chelsea masih tetap menjaga penguasaan bola mereka dan menaikkan ritme permainan. Hasilnya, di menit 52 mereka akhirnya mampu mencetak gol dari serangan yang mereka bangun perlahan.

Berawal dari pergerakan overlap (naik membantu serangan) Emerson Palmieri di sisi kanan pertahanan BATE, Emerson melepaskan umpan silang terukur yang disambar Olivier Giroud dengan tandukan kepalanya. Bola bergulir masuk tanpa mampu diantisipasi Denis Scherbitski, kiper BATE. 1-0 Chelsea unggul.

BATE tidak menyerah begitu saja dengan ketertinggalan gol itu. Terbukti, mereka menciptakan dua peluang berbahaya hanya dalam kurun waktu dua menit di menit 58-60 dari permainan terbuka. Sayang, penyelesaian akhir mereka tidak sempurna.

Di menit 58 sepakan Dragun menerpa mistar gawang – kedua kalinya terjadi di laga ini. Sementara dua menit setelahnya, Nikolai Signevich memberikan umpan silang mendatar yang berbahaya ke area penalti Chelsea dan mampu disambar oleh sepakan keras Aleksey Rios yang datang dari lini kedua. Tapi sayangnya, sepakan Rios melebar tinggi di atas gawang Chelsea.

Waktu tersisa 10 menit di babak kedua. Alyaksev Baha, pelatih BATE, telah mengerahkan segalanya dengan memasukkan Jasse Tuominen, Hervaine Moukam, dan Yevgeniy Berezkin. Fans BATE juga masih sangat berharap timnya mencetak gol penyama kedudukan.

Maurizio Sarri, manajer Chelsea, juga telah memasukkan Willian, Mateo Kovacic, dan Callum Hudson-Odoi di sisa waktu babak kedua. Sampai menit tambahan di babak kedua berakhir, tidak ada lagi gol yang tercipta di Borisov Arena, Chelsea menang dengan skor 1-0 dan memastikan tempat di 32 besar Europa League.

Susunan Pemain:

BATE Borisov (4-3-3): Denis Scherbitski; Aleksey Rios, Zakhar Volkov, Egor Filipenko, Aleksandar Filipovic; Dmitri Baga, Stanislav Dragun, Alyaksandr Hleb (Yevgeniy Berezkin 81’); Maksim Skavysh (Hervaine Moukam 76’), Nikolai Signevich (Jasse Tuominen 73’), Igor Stasevich

Chelsea (4-3-3): Kepa Arrizabalaga; Emerson Palmieri, Andreas Christensen, Gary Cahill, Davide Zappacosta; Ross Barkley, Jorginho, Ruben Loftus-Cheek (Mateo Kovaci 64’); Eden Hazard (Willian 62’), Olivier Giroud, Pedro Rodriguez (Callum Hudson-Odoi 85’)


COMMENTS