5 Poin Penting dari Kemenangan 1-0 Juventus Atas Manchester United

5 Poin Penting dari Kemenangan 1-0 Juventus Atas Manchester United

Juventus berhasil merampas tiga poin dari kunjungan mereka ke Old Trafford dengan meraih kemenangan tipis 0-1, Rabu (24/10) dini hari WIB. The Old Lady pun kini memuncaki Grup H Champions League dengan poin sempurna, sembilan poin.

Sementara United cukup beruntung bisa duduk di posisi kedua dengan empat poin mengingat Valencia hanya bisa meraih hasil imbang dengan Young Boys.

Lalu, apa saja poin di laga ini?

5. Pujian Jose Mourinho untuk Chiellini dan Bonucci

Meski menang, Juventus  sebenarnya tidak bermain dengan gaya menyerang yang sangat intens. Massimiliano Allegri meminta para pemainnya untuk bermain sabar dan tenang sehingga bisa membangun serangan dan mengonversinya menjadi peluang bagus. 

Pujian untuk permainan rapi La Vecchia Signora  tak lepas dari andil dua bek tengah mereka, Leonardo Bonucci dan Giorgio Chiellini, yang berkerja sama dengan baik untuk mematikan semua peluang yang datang ke lini pertahanan tim dan ikut mengalirkan bola dari lini belakang. 

Tak heran jika selepas laga, Mourinho tak segan memuji kedua pemain itu setinggi mungkin dengan menyebut keduanya layak memberikan kuliah untuk menjadi bek tengah yang bagus, dan bermain cantik.

4. Performa Bagus Victor Lindelof

Lini pertahanan Manchester United  dinilai menjadi salah satu kelemahan terbesar pasukan Jose Mourinho, tapi satu pemain belakang mereka tampil bagus di laga yang menarik ini. 

Victor Lindelof tampil tenang saat harus menangkis semua serangan tajam Juventus  yang masuk ke area pertahanannya. Intersep, tekel, sapuan, dan perebutan bola yang diperagakan bek Swedia itu menandakan kepercayaan diri yang tinggi menghadapi tim berpengalaman seperti Juventus. Pemain terbaik United di laga kali ini.

3. Juventus Kandidat Kuat untuk Menjuarai Champions League Musim Ini

Kemenangan di fase grup tentu tak bisa dijadikan patokan bagaimana sebuah tim bakal mengarungi kompetisi Champions League  hingga menuju tangga juara. Namun dalam laga di Old Trafford, Juventus menunjukkan performa yang sangat rapi di semua posisi dan bisa saja lebih baik jika memilih untuk tidak menurunkan intensitas serangan di babak kedua. 

Dengan masalah yang kini menanungi Real Madrid dan Bayern Munchen, performa Barcelona yang masih angin-anginan, Juventus saat ini merupakan raksasa yang paling mungkin mengangkat trofi juara dilihat dari minimnya masalah yang mereka miliki.

2. Romelu Lukaku Kembali Mandul

Romelu Lukaku kembali gagal tampil impresif di lini serang United dan kerap kehilangan bola saat berada di dalam atau dekat kotak penalti. 

Terlepas dari performa duo bek Chiellini dan Bonucci yang luar biasa, Lukaku juga tidak berbuat lebih untuk mengintervensi lini pertahanan lawan. Pergerakannya lamban, sering salah komunikasi, dan monoton. 

Jose Mourinho pun mengungkapkan bahwa anak buahnya itu sedang menghadapi krisis kepercayaan diri.

1. Peluang Manchester United Tetap Besar untuk Lolos Fase Grup

Beruntung bagi Setan Merah bahwa kekalahan mereka atas Juventus didahului dengan hasil imbang 1-1 antara Valencia dan Young Boys. Klub asal Spanyol gagal memanfaatkan momentum untuk menyalip United di posisi kedua dan hanya mengoleksi dua poin dari tiga laga. 

Jika performa Valencia terus buruk hingga dua bulan ke depan, United punya kans untuk merebut posisi kedua dan lolos fase grup, asalkan mereka setidaknya bisa mengalahkan klub La Liga itu dan Young Boys di dua laga terakhir mereka.