5 Pemain yang Pernah Bermain di Barcelona dan Inter Milan

5 Pemain yang Pernah Bermain di Barcelona dan Inter Milan

Barcelona  akan menjamu Inter Milan dalam lanjutan matchday ketiga UCL 2018/19 pada Kamis (25/10) dini hari WIB. Kedua tim sama-sama telah mengantongi enam poin hasil dua kemenangan di dua laga pertama mereka.

Barcelona memimpin klasemen sementara grup B karena memiliki selisih gol yang lebih baik dari Inter Milan . Sayangnya, Barcelona akan bermain tanpa pemain bintang mereka, Lionel Messi yang absen karena cedera tangan.

Namun, pertandingan ini merupakan salah satu bigmatch Champions League  pekan ini mengingat kedua klub memiliki hubungan erat diantara para pemainnya di masa lalu.

Penasaran siapa saja pemain yang pernah membela Barcelona dan Inter Milan? Mari kita simak daftar yang telah dirangkum redaksi FTB90. 

1. Zlatan Ibrahimovic

Kesuksesan Zlatan Ibrahimovic di Inter Milan  bisa dilihat dari tiga titel Serie A yang diberikannya selama masa baktinya di klub tersebut. Barcelona  pun tergiur untuk memboyongnya pada bursa transfer musim panas 2009.

Mereka rela mengeluarkan dana sebesar 59 juta pounds plus Samue Eto’o demi mendatangkan sang pemain. Sayangnya, sang bintang asal Swedia ini tidak memiliki hubungan yang harmonis dengan Pep Guardiola yang melatih Barcelona kala itu.

Alhasil, Barcelona meminjamkan pria yang kini berusia 37 tahun itu ke klub Serie A, AC Milan di musim keduanya sebelum menjadi pemain tetap di musim keduanya. Kini, Zlatan masih aktif bermain di MLS bersama LA Galaxy.

2. Samuel Eto’o

Samuel Eto’o menjadi satu-satunya pemain yang pernah menjuarai trofi Champions League untuk Barcelona dan Inter Milan. Ia mempersembahkan titel paling bergengsi antar klub di level Eropa itu pada musim 2005/06 dan 2008/09 untuk Barcelona. 

Eto’o pun mempersembahkan titel yang sama utnuk Inter Milan  semusim kemudian dengan kemenangan 2-0  dari Bayern Munchen pada final 2009/10.

3. Maxwell

Maxwell merupakan mantan bek kiri yang pernah membela klub-klub top Eropa seperti Ajax, Inter Milan,  Barcelona, dan Paris Saint-Germain. Tidak heran jika koleksi trofi yang dimilikinya mencapai 33 buah sepanjang kariernya sebagai pemain.

Sayangnya, Maxwell jarang dipanggil masuk untuk membela negaranya, Brasil. Dia hanya pernah menjadi pelapis Marcelo pada periode 2013 hingga 2014 dengan total mengantongi sepuluh caps.

4. Ronaldo

Ronaldo Nazario menjadi pemain kedua yang memecahkan rekor transfer pemain termahal setelah Maradona dengan klub yang sama, Barcelona . Ia didatangkan dari PSV Eindhoven dengan banderol 19,5 juta USD pada musim panas 1996.

Meskipun hanya semusim berseragam Barcelona, sang pemain memberikan tiga trofi pada musim 1996/97. Hal ini membuat Inter Milan  tergiur untuk menebus klausul transfer sang pemain yang bernilai 27 juta USD kala itu.

5. Luis Figo

Luis Figo sempat bermain untuk Real Madrid sebelum ia pindah dari Barcelona  dan kemudian pensiun bersama Inter Milan  pada 2009. Sang pemain sempat dianggap penghianat oleh pendukung Barcelona yang merupakan musuh bebuyutan Real Madrid.

Sayangnya, ia gagal mempersembahkan trofi untuk tim nasional Portugal. Sang pemain mencatatkan rekor 32 gol dari 127 penampilan untuk negarnya tersebut. Rekor ini dipecahkan Cristiano Ronaldo pada Juni 2016.